menu melayang

Kamis, 11 Februari 2021

Cara Membuat Strategi SEO yang Efektif

 Cara Membuat Strategi SEO yang Efektif

Cara Membuat Strategi SEO yang Efektif

Tahun 2020 telah mengajari kami satu hal, visibilitas online dan kesadaran merek bisnis Anda sangat penting. Pandemi COVID-19 telah membuat orang tetap berada di dalam rumah lebih dari biasanya yang pada dasarnya memberi bisnis audiens secara online. Jika bisnis Anda telah menerapkan strategi pemasaran SEO yang efektif , maka mereka yang mencari produk atau layanan Anda secara online selama pandemi kemungkinan besar akan menemukan bisnis Anda.

Selain pandemi, tren tersebut sudah menunjukkan lebih banyak orang yang menelusuri produk dan layanan secara online daripada sebelumnya, terutama di perangkat seluler. Jika Anda ingin memastikan bisnis Anda muncul di atau dekat bagian atas halaman hasil mesin pencari (SERP), menarik lebih banyak lalu lintas organik, dan meningkatkan pendapatan untuk meningkatkan ROI Anda, Anda harus memiliki strategi SEO yang solid dan beraneka ragam.

Strategi SEO adalah rencana luas yang berfokus pada gambaran besar, dan terdiri dari berbagai aspek dan tugas yang semuanya bekerja sama untuk mencapai tujuan Anda yang lebih besar dengan visibilitas yang lebih baik dan lebih banyak lalu lintas yang pada akhirnya akan meningkatkan pendapatan.  Awal tahun baru adalah waktu yang tepat untuk mengevaluasi strategi SEO Anda saat ini, mempertimbangkan tujuan pemasaran online Anda, dan menentukan seberapa baik strategi SEO Anda dalam memenuhi tujuan tersebut. Jika ternyata strategi SEO Anda tidak memenuhi tujuan Anda atau Anda tidak puas dengan hasilnya, Anda dapat mengubah strategi SEO Anda untuk tahun 2021.

Saat membuat strategi SEO 2021 Anda, pastikan Anda mempertimbangkan anggaran, sasaran, dan jangka waktu untuk mencapai tujuan Anda. Jika Anda tidak memiliki sumber daya dalam bisnis Anda untuk menerapkan dan mengelola kampanye SEO Anda secara efektif, Anda dapat bekerja dengan agen pemasaran digital seperti Labores Digital. Pakar SEO kami akan membuat dan menerapkan strategi SEO untuk mencapai tujuan pemasaran Anda dan kami akan secara konsisten memantau dan melacak hasilnya.

Kiat berikut akan membantu Anda membentuk strategi SEO yang efektif untuk tahun 2021.

Nilai Kinerja SEO Anda

Hal pertama yang perlu Anda lakukan sebelum mengembangkan strategi SEO Anda untuk tahun 2021 adalah menilai strategi SEO Anda saat ini dan bagaimana kinerjanya. Anda harus mengevaluasi visibilitas organik situs web Anda, peringkat kata kunci, dan pemisahan lalu lintas bermerek vs tidak bermerek. Ada beberapa alat yang tersedia termasuk Alat Penelitian Organik SEMrush yang dapat menunjukkan data ini kepada Anda.

Dengan alat ini, Anda dapat melihat kinerja lalu lintas organik dan peringkat kata kunci Anda dari waktu ke waktu. Anda akan dapat dengan mudah melihat tren dan mendapatkan gambaran umum tentang kinerja setiap metrik ini. Pemisahan lalu lintas bermerek vs tidak bermerek akan menunjukkan kepada Anda apakah ada peluang untuk terhubung lebih jauh dengan sebagian pemirsa Anda yang menelusuri merek Anda.

Mempertimbangkan metrik ini, serta data dari Google Analytics, termasuk rasio konversi dan pendapatan, akan memberi Anda gambaran umum tentang performa situs web Anda dari sudut pandang SEO. Ini juga akan membantu Anda dengan mudah mengenali area kelemahan yang dapat menjadi faktor dalam strategi SEO baru Anda.

Cara Membuat Strategi SEO yang Efektif

Lakukan Analisis Pesaing SEO Anda

Setelah Anda menganalisis kinerja SEO Anda saat ini, Anda kemudian harus menganalisis strategi SEO pesaing Anda. Ini akan memberi Anda gambaran tentang apa yang berhasil dan tidak untuk mereka dan di mana Anda dapat memanfaatkan untuk mendapatkan keunggulan.

Mulailah dengan membuat daftar pesaing utama Anda, termasuk pesaing dalam area layanan Anda dan pesaing yang secara konsisten muncul tinggi di SERP untuk kata kunci utama Anda. Ada beberapa alat yang dapat memberi Anda informasi ini tentang pesaing Anda, termasuk alat SEMrush yang disebutkan di atas dan SpyFu.

Saat menganalisis SEO pesaing Anda, cari halaman mana yang mendapatkan lalu lintas paling banyak, seberapa baik peringkat kata kunci mereka, dan profil tautan mereka. Mengetahui halaman mana yang memiliki peringkat terbaik dapat membantu Anda menentukan jenis konten apa yang harus ditambahkan ke situs web Anda untuk meningkatkan peringkat Anda. Catat apakah halaman berkinerja terbaik mereka adalah blog, halaman produk, atau lainnya. Menganalisis peringkat kata kunci mereka akan membantu Anda melihat apakah pesaing Anda memberi peringkat untuk kata kunci. Ini akan membantu Anda mengidentifikasi peluang untuk meningkatkan peringkat kata kunci Anda.

Menganalisis profil tautan situs web pesaing akan membantu Anda memahami dari mana tautan balik/ Backlink mereka berasal dan mengidentifikasi celah tautan antara situs web mereka dan domain Anda. Ini dapat membantu Anda membentuk strategi membangun tautan Anda sendiri untuk membangun profil backlink yang solid.

Tentukan Tujuan Pemasaran Online Anda

Langkah selanjutnya adalah menentukan sasaran yang ingin Anda capai dengan strategi SEO Anda serta indikator kinerja utama (KPI) yang mengukur kemajuan Anda menuju sasaran ini. Mengekspresikan tujuan spesifik Anda akan membantu memandu pembentukan strategi SEO Anda untuk mencapai tujuan ini dan mengukur kesuksesan. Misalnya, jika sasaran utama Anda adalah meningkatkan pendapatan pada tahun 2021 dengan jumlah tertentu, lalu lintas organik ke situs web Anda dapat menjadi KPI dari keberhasilan sasaran ini. Oleh karena itu, bagian dari strategi SEO Anda adalah meningkatkan lalu lintas organik.

Tentukan Kata Kunci Dan Topik Utama

Setelah tujuan pemasaran digital Anda ditentukan, sekarang saatnya untuk melakukan penelitian kata kunci untuk menentukan kata kunci utama Anda. Anda kemudian dapat menargetkan kata kunci utama Anda dengan membangun apa yang disebut sebagai halaman pilar.

Halaman pilar menargetkan topik atau ide utama, dan didukung oleh kelompok topik, yang merupakan halaman yang didasarkan pada subset topik ke halaman pilar utama. Misalnya, disaster recovery company mungkin memiliki halaman pilar yang menargetkan "disaster recovery company". Klaster topik yang berasal dari “disaster recovery company” mencakup berbagai jenis berbagai layanan (water damage restoration, restoration of fire damage, dll.) Yang masing-masing memiliki halamannya sendiri.

Di luar cluster topik, Anda dapat menyiapkan cluster sekunder untuk mendukung setiap cluster topik. Menggunakan contoh yang sama, halaman cluster topik yang menargetkan "water damage restoration" dapat mengarah ke halaman cluster sekunder yang menargetkan "basement flood" dan "waste cleaning".

Dengan strategi ini, Anda dapat fokus agar halaman Anda memiliki peringkat yang baik untuk semua topik yang terkait dengan kata kunci utama Anda. Ini lebih efektif daripada berfokus pada peringkat untuk kata kunci tunggal. Dengan memetakan kata kunci utama Anda untuk halaman pilar, kelompok topik, dan kelompok sekunder, Anda dapat membuat konten dan strategi kata kunci yang lebih terfokus.

Identifikasi Kata Kunci Ekor Panjang Yang Relevan

Saat mengembangkan strategi konten cluster Anda, sebenarnya tidak ada batasan berapa banyak cluster yang dapat Anda buat yang berasal dari pilar tertentu. Semakin banyak topik cluster yang Anda buat, semakin mendalam Anda dapat menambahkan ke situs web Anda. Dalam beberapa kasus, ruang lingkup pilar utama akan menentukan berapa banyak topik cluster yang dapat Anda buat.

Halaman topik cluster Anda harus fokus pada aspek tertentu dari topik utama dan fokus pada kata kunci panjang yang relevan. Kata kunci panjang lebih spesifik daripada kata kunci utama dan terdiri dari tiga kata atau lebih. Frase kata kunci ini umumnya memiliki volume pencarian yang lebih rendah daripada kata kunci utama yang mereka kembangkan.

Jadi, mengapa kata kunci panjang penting? Pertama, mengidentifikasi kata kunci panjang yang relevan akan membantu Anda mengidentifikasi topik lebih dalam yang menarik minat. Kembali ke contoh sebelumnya, jika disaster recovery company mengidentifikasi "how underground flooding occurs" sebagai kata kunci panjang di bawah kelompok topik "water damage", mereka dapat memanfaatkan dengan membuat dan memposting blog tentang penyebab "flooded basement".

Alasan kedua mengapa kata kunci panjang penting adalah karena orang menggunakan frasa kata kunci  panjang dalam pencarian suara. Seseorang lebih cenderung mengatakan "how the flood in the basement happened" dalam kueri penelusuran suara daripada sekadar "flood in the basement". Oleh karena itu, memasukkan kata kunci panjang ini ke dalam konten Anda akan lebih mengoptimalkan situs web Anda untuk kueri penelusuran suara.

Hal terakhir yang perlu diingat saat membuat konten cluster yang berpusat pada kata kunci panjang adalah memastikan bahwa Anda membuat bagian konten terpisah yang berfokus pada penargetan setiap kata kunci ekor panjang dan tidak ada persilangan.

Audit Konten Situs Anda Saat Ini

Sekarang setelah Anda memiliki konten, kata kunci, dan strategi cluster topik yang dikembangkan, Anda harus meluangkan waktu untuk mengaudit konten yang ada di halaman Anda sebelum menambahkan konten baru. Audit konten Anda yang ada akan membantu Anda mengidentifikasi konten yang dapat ditingkatkan dan konten yang sesuai dengan kelompok topik yang baru Anda tentukan.

Saat mengaudit konten Anda, Anda harus mengkategorikan konten yang ada ke dalam konten agar tetap apa adanya, konten yang akan diperbarui untuk menargetkan kata kunci yang relevan dengan lebih baik, dan konten yang akan dihapus. Anda harus menghapus konten duplikat, terlalu ringan, atau berperingkat buruk.

Mengaudit konten saat ini di situs web Anda sebelum membuat konten baru dapat menghemat banyak pekerjaan. Dalam banyak kasus, memperbarui konten yang ada untuk menargetkan kata kunci Anda dengan lebih baik akan memengaruhi situs web Anda lebih cepat daripada menambahkan konten yang baru dibuat. Mengidentifikasi peluang untuk meningkatkan konten yang ada akan membantu memandu rencana Anda untuk pembuatan konten.

Konten adalah raja

Buat Konten Untuk Halaman Pilar Dan Kelompok Topik

Sekarang Anda telah memetakan halaman pilar, halaman cluster, dan halaman cluster sekunder, sekarang saatnya untuk mulai membuat konten. Konten laman web Anda sangat penting untuk keseluruhan kinerja situs web Anda. Anda perlu memastikan bahwa Anda membuat konten yang berkualitas dan informatif yang akan dianggap berharga oleh audiens target Anda. Penelitian yang Anda lakukan pada langkah sebelumnya untuk menentukan kelompok topik dan kata kunci ekor panjang akan memberi Anda wawasan tentang jenis konten apa yang akan berharga untuk situs web Anda.

Hal terpenting yang perlu diingat saat membuat konten Anda adalah maksud pengguna. Anda harus memahami apa yang diharapkan seseorang yang mencari kata kunci ekor panjang bertarget Anda dengan kueri mereka sehingga Anda dapat membuat konten yang memenuhi harapan ini.

Perbaiki SEO On-Page

Setelah membuat konten untuk halaman web Anda, Anda perlu memastikan bahwa setiap halaman dioptimalkan dengan benar. Ini termasuk mengoptimalkan tag judul, deskripsi meta, tag header (H1, H2, dan H3), dan konten itu sendiri dengan kata kunci yang Anda targetkan. Anda juga harus memastikan bahwa semua tautan internal di situs web Anda berfungsi dan memperbaiki tautan yang rusak.

Anda dapat mengevaluasi keefektifan elemen SEO pada halaman ini dengan alat seperti SEMrush On Page SEO Tracker dan sistem CMS seperti WordPress juga akan menawarkan saran untuk meningkatkan SEO pada halaman.

Tips SEO

Perbaiki Kesalahan Teknis SEO

Masalah SEO teknis seperti kecepatan loading yang lambat dan tautan internal yang rusak dapat memengaruhi peringkat Anda. Penting untuk mengaudit situs web Anda secara teratur untuk masalah SEO teknis dan memperbaiki masalah utama yang Anda temukan. Ada beberapa alat yang tersedia yang dapat mengidentifikasi masalah ini. Mengaudit situs web Anda sebulan sekali akan membantu Anda menemukan dan memperbaiki masalah ini dengan cepat sebelum memengaruhi peringkat Anda.

Bekerja Pada SEO Off-Page

Setelah situs web Anda ditetapkan dan dioptimalkan dengan konten baru yang dibangun di sekitar pilar dan kelompok topik, Anda perlu fokus pada membangun tautan di luar halaman. Ini sangat penting karena backlink adalah salah satu dari tiga faktor utama yang digunakan Google untuk menentukan peringkat situs Anda.

Ada banyak cara untuk membangun tautan di luar situs, termasuk menerbitkan siaran pers di situs web pihak ketiga, mengirimkan posting blog tamu, memposting di media sosial, membangun tautan halaman sumber daya, dan banyak lagi.

Lacak Dan Sesuaikan Strategi SEO Anda

Sekarang setelah Anda menerapkan strategi SEO Anda, Anda perlu melacak KPI dan membuat penyesuaian untuk mendapatkan hasil terbaik. SEO adalah upaya berkelanjutan dan selalu ada peluang untuk menyesuaikan kampanye Anda untuk membuat lebih banyak kemajuan dalam mencapai tujuan Anda. Anda juga harus melacak dan mencatat data dari KPI Anda setiap bulan untuk memastikan bahwa strategi SEO Anda berjalan sesuai rencana.

proses seo

Layanan Pemasaran SEO Dari Labores Digital

Dengan mengikuti langkah-langkah yang diuraikan di atas, Anda dapat membuat dan menerapkan strategi SEO yang efektif yang akan membantu Anda mencapai tujuan pemasaran digital Anda. Ingatlah untuk selalu mengaudit KPI Anda setelah Anda menerapkan strategi untuk melacak kemajuan Anda menuju tujuan Anda dan membuat penyesuaian seperlunya.

Jika Anda tidak memiliki sumber daya internal untuk membuat, menerapkan, dan melacak strategi SEO, hubungi profesional kami di Labores Digital. Pakar SEO kami akan bekerja dengan Anda secara langsung untuk memahami tujuan pemasaran online Anda dan menerapkan strategi SEO yang berfungsi untuk mencapai tujuan Anda. Kami juga akan melacak kemajuan strategi SEO Anda dan memberi Anda laporan bulanan agar Anda selalu diperbarui.

Anda dapat menghubungi kami di (+62) 896-9736-5201 atau mengirimkan formulir kontak untuk mempelajari lebih lanjut tentang bagaimana pakar SEO kami dapat membantu.

Blog Post

Related Post

Back to Top

Cari Artikel

Label